Getting My pembagian harta gono gini To Work

Wiki Article

Membuat perjanjian perkawinan sangat penting untuk rasa keadilan, serta tidak akan merugikan kedua belah pihak. Perjanjian pisah harta sendiri turut diatur dalam UU Perkawinan tepatnya pada pasal 29.

Notaris di Pamulang berpendapat bahwa pembagian harta bersama atau komunal harus menentukan hukum yang berlaku dan sesuai dengan permasalahan yang ada (Ubaidillah, 2022). Pengadilan agama konsisten dalam menyelesaikan perkara terkait pembagian harta bersama akibat perceraian.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.

Jika tidak ada perjanjian perkawinan, dalam perceraian harta bawaan otomatis menjadi hak masing-masing suami atau istri dan harta bersama akan dibagi dua sama rata diantara keduanya (Pasal 128 KUHPer, Pasal ninety seven KHI).

Sementara dalam Dakwaan Alternatif Kedua, Terdakwa didakwa karena sengaja dan melawan hukum telah memiliki barang sesuatu yakni berupa sertifikat-sertifikat sejumlah 14 sertifikat tanah yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, yaitu milik istri dari Terdakwa, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan yang dilakukan jika dia adalah suami (istri) yang terpisah harta kekayaan, sebagaimana diatur dan diancam pidana menurut Pasal 372 KUHP jo. Pasal 376 Ayat (2) KUHP.

Jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan, pengadilan akan memutuskan pembagian harta gono gini berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang adil dan memperhatikan kepentingan anak.

Namun, tentu saja kakak tiri Anda memperoleh bagian yang lebih besar. Hal ini karena sebelum ayah Anda meninggal, ia telah memiliki sebagian hak dari rumah tersebut yang diperoleh dari ibunya. Kemudian, pada saat ayah Anda meninggal tentu saja kakak tiri anda juga berhak atas bagian warisan dari ayah Anda (lebih jauh mengenai bagian warisan untuk masing-masing ahli waris silahkan lihat di sini).

Langkah hukum cepat lain sangat penting dilakukan guna menghindari peralihan-peralihan ke tangan pihak ketiga yang dapat menelan biaya, waktu, harta gono gini dan tenaga yang panjang dan melelahkan. Dan karena kurang sigap, sangat mungkin harta bersama tertentu tidak lagi dapat dipulihkan.

Untuk suami istri yang ditinggal oleh salah satu pasangannya, maka pembagian harta warisan untuk yang beragama Islam adalah ½ dari harta peninggalan suami atau istri.

Harta warisan merupakan harta yang bisa dibagi jika ahli waris sudah dinyatakan meninggal. Barulah pada saat itu harta peninggalannya adalah harta warisan dan yang memiliki hak untuk mendapatkannya adalah ahli warisnya sesuai yang ditentukan dalam Undang-Undang.

Meski demikian, harta gono gini bukan hanya berkaitan dengan perceraian. Ini juga melibatkan pemahaman tentang pengaturan dan pembagian harta dalam perkawinan. Sehingga setiap pasangan perlu memahami konsep harta gono gini dalam islam untuk menghindari perselisihan yang tidak perlu.

Hal ini seperti yang disebutkan dalam pasal 97 Kompilasi Hukum Islam yang menjelaskan bahwa suami dan istri mempunyai hak yang sama terhadap harta bersama atau harta gono-gini.

Seorang istri berhak untuk mengajukan gugatan cerai pada suami yang telah berselingkuh bahkan hingga berzina. Mungkin pembagian harta gono gini banyak yang mengira apakah suami yang berselingkuh dan digugat cerai oleh istri akan mendapatkan bagian harta bersama yang lebih kecil.

Barang-barang yang dibeli dari gaji suami dan secara sengaja dan jelas diberikan atau dihadiahkan kepada istri, bukanlah harta gono-gini. Harta ini telah menjadi harta istri.

Report this wiki page